Selasa, 14 April 2015

Tugas 6 - Point of Sale (Use case & Sequence diagram)

Nama/NIM             : Lydia Emeralda Simatupang/1404505062
Jurusan/Fakultas/Perguruan Tinggi   : Teknologi Informasi/Teknik/Udayana
Mata Kuliah           : Pemrograman Berorientasi Objek
Nama Dosen          :  I Putu Agus Eka Pratama ,ST., MT.


Point of Sale

Point of Sales atau POS adalah tempat di mana transaksi ritel selesai. Ini adalah titik di mana pelanggan melakukan pembayaran kepada pedagang dalam pertukaran untuk barang atau jasa. Pada titik penjualan pengecer akan menghitung jumlah utang oleh pelanggan dan memberikan pilihan bagi pelanggan untuk melakukan pembayaran. Mesin ini juga secara otomatis mengeluarkan tanda terima untuk transaksi.

Point of Sales di zaman sekarang sudah menjadi topik pembahasan pokok yang artinya semua orang dapat mengerti & pernah menggunakan mesin POS dalam kehidupan sehari-harinya. Pada dasarnya ini adalah sebuah mesin POS yang juga berfungsi sebagai cash register. Yang membedakan teknologi mesin POS ini adalah mesin POS ini di desain untuk menunjang operasional usaha restaurant, cafe, waralaba atau franchise secara online.

Berikut saya akan memberikan gambaran secara usecase dan juga sequence diagramnya.
Langkah pertama saya membuka dia diagram pada ubuntu.


Setelah itu saya akan membuat usecase terlebih dahulu sebelum saya membuat sequence. 

USECASE

Berikut adalah hasil usecase sistem Point of Sale yang saya buat


Pada gambar di atas, admin memiliki akses terhadap semua aktivitas mulai dari pendaftaran hingga cetak data barang. Karena admin adalah pembuat sistemnya. Sedangkan kasir hanya memiliki beberapa akses saja. Kasir bisa daftar dan juga login. Selain itu kasir juga dapat input data transaksi. Input data transaksi disini adalah saat pelanggan melakukan transaksi, kasir akan mencatat dan menginputkan transaksi apa saja yang telah dilakukan. selain itu kasir juga dapat mencetak transaksi atau struk dari transaksi tersebut. 

SEQUENCE

Selanjutnya adalah membuat sequence. Setelah membuat usecase, kita akan menjelaskan masing-masing proses yang ada pada usecase. Kita akan menjelaskan melalui sequence. Bagaimana proses singkatnya. Berikut adalah hasil dan penjelasannya.

1. Daftar 

Pada sistem ini merupakan sistem pendaftaran akun bagi kasir(pegawai). setelah admin login, maka admin akan menambahkan pegawai serta menginput datanya.

2. Login



Proses selanjutnya adalah login. Pada tahap ini admin dan juga kasir akan memasukkan input berupa username dan juga password. Lalu username dan password itu akan di validasi apakah sudah benar atau belum. Jika sudah maka akan masuk sebagai akun masing-masing.

3. Input Data Transaksi



Proses  ini merupakan proses menginputkan data pada transaksi. Setiap melakukan aktivitas, diperlukan login. Setelah login, memilih menu untuk transaksi. Lalu masukkan tanggal dan kode transaksi, dan setelah itu menginputkan data. Jika sudah, sistem akan melakukan penyimpanan agar data yang diinputkan dapat tersimpan.

4. Lihat Transaksi




5. Hapus Transaksi




Proses ini dilakukan untuk menghapus transaksi. Jika transaksi di hapus, maka database dalam transaksi itu akan dihapus secara otomatis.

6. Cetak Transaksi








Pada proses ini untuk mencetak transaksi, kita harus memasukkan input berupa tanggal dan kode transaksi. Setelah itu kita dapat mencetak transaksi yang ada.

7. Input Data Barang


Proses  ini merupakan proses menginputkan pada data barang. Setiap melakukan aktivitas, diperlukan login. Setelah login, memilih menu untuk daftar barang. Lalu masukkan tanggal dan kode barang, dan setelah itu menginputkan data. Jika sudah, sistem akan melakukan penyimpanan agar data yang diinputkan dapat tersimpan.

8. Edit Data Barang


Untuk melakukan pengeditan pada data barang, pertama kita harus login terlebih dahulu. setelah itu pilih daftar barang, inputkan tanggal dan kode barang, maka akan tampil data barang tersebut. Setelah itu edit data barang. Simpan hasil edit data barang.

9. Lihat Data Barang


10. Hapus Data barang



11. Cetak Data Barang


Pada proses ini untuk mencetak data-data barang, kita harus memasukkan input berupa tanggal dan kode barang. Setelah itu kita dapat mencetak data barang sesuai kode dan tanggal.


Daftar Pustaka:
1. http://www.omegaakuntansi.com/none/point-of-sales/





Tidak ada komentar:

Posting Komentar