Selasa, 17 Maret 2015

Tugas 3 - Contoh Pewarisan

Nama/NIM             : Lydia Emeralda Simatupang/1404505062
Jurusan/Fakultas/Perguruan Tinggi   : Teknologi Informasi/Teknik/Udayana
Mata Kuliah           : Pemrograman Berorientasi Objek 
Nama Dosen          :  I Putu Agus Eka Pratama ,ST., MT.


INHERITANCE

Pada posting sebelumnya, saya sudah membahas tentang inheritance. Kali ini saya akan membahas tentang implementasi dari inheritance. Saya menggunakan pewarisan hewan sebagai contoh. Saya menggunakan netbeans. Langkah pertama masih sama seperti sebelumnya, membuat newproject. Ganti Main class dengan Hewan.


Langkah berikutnya membuat class. Saya mengambil dua contoh hewan sebagai class, class Mamalia dan class Reptil.

contoh class Mamalia

contoh class Reptil

Berikut adalah script coding class:



Jangan sampai salah dan lupa dalam menuliskan deklarasi seperti ID, nama, dan keterangan. Jika terjadi penulisan yang salah, maka program tidak dapat di compile.

Class yang kita buat pertama tadi merupakan kelas induk atau superclass. Selanjutnya kita membuat class anak atau subclass. Kita bedakan antara mamalia dan reptil. Pada mamalia akan dibuat subclass sapi, kucing dan anjing. Sedangkan pada reptil kita akan membuat subclass ular,buaya,cicak.

contoh subclass mamalia

contoh subclass reptil

Setelah itu, saya ingin menambahkan jenis-jenis dari anjing, kucing, dan ular. Seperti jenis Husky. Husky merupakan class anakan dari class anjing. 

 contoh class angora

 contoh class husky

contoh class kobra

Berikut adalah script codingnya:



"aid" merupakan turunan id, penamaannya bebas. Pada tugas ini, nama saya sesuaikan dengan classnnya. begitu juga dengan "nama","keterangan" dan "jenis", saya sesuaikan dengan penamaan pada coding class awal/induk.

Selanjutnya kita akan membuat instalasi kelas dan pemanggilan kelas.



Pada saat penulisan, perhatikan penulisan karakter dengan baik. Karena besar-kecilnya huruf sangat diperhatikan.

Script:



Setelah itu run program. Jika berhasil, berikut adalah tampilannya:




Full Script pewarisan hewan:



Sekian penjelasan dari saya. Terima kasih dan selamat mencoba :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar