Selasa, 31 Maret 2015

Tugas 4 - Aritmatika (kalkulator sederhana)

Nama/NIM             : Lydia Emeralda Simatupang/1404505062
Jurusan/Fakultas/Perguruan Tinggi   : Teknologi Informasi/Teknik/Udayana
Mata Kuliah           : Pemrograman Berorientasi Objek
Nama Dosen          :  I Putu Agus Eka Pratama ,ST., MT.

Aritmatika

Kali ini saya masih membahas tentang java dan oop. Saya akan membahas tentang program aritmatika. Dalam aritmatika terdapat penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan masih banyak lagi. Contoh yang akan saya buat adalah kalkulator sederhana. Kalkulator sederhana yang saya buat ini terdapat penjumlahan, pengurangan, perkalian dan juga pembagian. Berikut adalah penjelasannya.

Langkah awal buka aplikasi java seperti netbeans,geany,eclipse dan sebagainya. Di sini saya akan memberi tutorial menggunakan netbeans. Setelah membuka netbeans, buat atau klik new project. Lalu ganti namanya dengan kalkulatorsederhana.


Setelah itu kita akan menulis beberapa metode, mulai dari pemilihan menu, input angka, dan operasi aritmatika. Pertama tuliskan metode operasi aritmatika(penjumlahan,pengurangan,perkalian dan pembagian) secara terpisah. berikut contohnya:


Mengapa kita perlu menuliskan secara terpisah? Karena nanti kita akan membuat sebuah menu pilihan, dimana kita dapat memilih operasi aritmatika yang mana yang akan kita pakai. Sehingga metode awal ini merupakan fungsi yang akan di panggil saat program dijalankan.
Setelah itu kita akan menuliskan metode input angka. Input angka berfungsi untuk memasukkan nilai. Kita akan memasukkan nilai sesuai dengan pilihan kita. berikut contohnya:


Setelah itu kita lanjut lagi pada pemilihan menu. Pada bagian ini saya menggunakan switch case agar dapat memilih pilihan. Pada case 1 kita masukkan penjumlahan. makan kita akan memanggil fungsi yang sudah kita buat pada metode awal. cara memanggil fungsi di atas dengan menuliskan nama fungsi yang telah kita buat sebelumnya.
Pada metode awal kita telah menuliskan coding berikut:
public int tambah (int a, int b) {
int c = a + b ;
return c;
}
Pada metode pilihan menu, kita akan menginputkan fungsi tadi sebagai berikut:
c = this.tambah(a,b);

Maka jika kita memilih switch case nomor 1, program ini akan menjumlahkan angka yang kita inputkan. Seperti berikut contohnya


Jangan lupa untuk menuliskan menu seperti contoh di bawah ini


pilih = kalkulatorsederhana.inputangka();
kalkulatorsederhana.pilihmenu(pilih);

Coding tersebut berfungsi untuk memanggil fungsi switchcase dan juga input angka.
Setelah itu kita coba jalankan program. Berikut adalah tampilan program jika berhasil dicompile:


Sangat mudah bukan? Berikut saya berikan codingnya agar dapat dicoba. Selamat mencoba:D



Daftar Pustaka:
1. koding, tugas1dan2, kalkulatorsederhana oleh I Putu Agus Eka Pratama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar