Minggu, 11 Oktober 2015

Tugas 4 - Membuat Use case, sequence, class, ER diagram

Nama                   : Lydia Emeralda Simatupang
NIM                    : 1404505062
Jurusan/Fakultas/Perguruan Tinggi   : Teknologi Informasi/Teknik/Udayana
Nama Dosen          :  I Putu Agus Eka Pratama ,ST., MT.
Mata Kuliah/Kode       : E-Application/TI027348

Dalam tugas 4 saya akan membuat sistem dari online shop. Pertama adalah use case dari online shop tersebut. Berikut penjelasan yang lebih lengkap mengenai use case online shop.

1. USE CASE


Use case di atas merupakan use case dari sistem online shop yang saya buat. Admin memiliki beberapa hak akses dalam web online shop tersebut. Hak akses dari admin antara lain login, view product, transaction check, manage product dan delete product. Konsumen memiliki hak akses untuk login, view product, add to cart , client register dan payment. Konsumen tidak dapat melakukan manage product ataupun delete product, transaction check. Karena hanya admin yang memiliki hak askses itu. 

2. SEQUENCE

 Sequence pertama adalah sequence untuk login. Seperti pada gambar di atas, langkah awal adalah admin/konsumen memasukan input berupa username dan password. Setelah itu akan di autentifikasi dan di cek dalam database. Jika sesuai dengan database yang ada, maka akan masuk pada halaman utama setelah autentifikasi sesuai dengan id masing-masing(halaman admin dan konsumen berbeda).

Sequence kedua adalah view product. Admin dan konsumen dapat melihat produk. Langkah awal adalah login. Setelah login berhasil, memilih menu untuk produk. Akan di proses dalam database, dan setelah di cek akan menampilkan halaman menu produk. Admin dan konsumen dapat melihat semua produk yang dijual.

Sequence ketiga merupakan sequence untuk memasukan produk pilihan dalam keranjang belanja. Tahap ini merupakan akses bagi konsumen. Setelah login dan melihat produk, konsumen dapat menambahkan produk yang ingin dibeli dalam keranjang. Produk yang di pilih akan di proses dan di simpan dalam database. 

Jika konsumen belum memiliki account, maka dapat melakukan client register. Client Register dilakukan sebelum membuat transaksi atau pembelian. Konsumen membuat account dengan menginput username dan password serta biodata seperti nama, alamat dan lain-lain. Setelah itu akan di simpan ke dalam database. Dan akan muncul pesan bahwa register berhasil di lakukan. Bagi konsumen yang sudah memiliki account, tidak perlu melakukan client register. 

Tahap selanjutnya adalah payment. Konsumen akan memilih cara pembayaran. Pemilihan cara/metode pembayaran ini dilakukan setelah login, memilih produk, dan memasukan ke dalam keranjang. Setelah memilih cara pembayaran, akan disimpan dalam database. Untuk selanjutnya dapat di cek oleh admin dalam transaction check.

Tahap transaction check adalah hak akses dari admin. Admin dapat melakukan pengecekan untuk semua transaksi yang telah di lakukan. Langkahnya adalah admin melakukan login. Admin memilih menu data transaksi yang selanjutnya akan di proses dalam database. Setelah proses autentifikasi dalam database selesai, maka akan tampil halaman data transaksi konsumen.

Tahap manage product oleh admin. Dalam manage produk ini, admin dapat insert serta update tentang produk yang ada. Jika ingin memanage product, admin harus login setelah itu memilih menu manage product. Admin dapat insert produk-produk baru maupun melakukan update terhadap produk-produk yang ada. Setelah melakukan manage produk, maka akan disimpan dalam database.

Sequence terakhir adalah delete produk yang dimiliki oleh admin. Admin dapat menghapus produk yang tidak tersedia atau produk lama.

3. CLASS

Berikut adalah contoh class diagram online shop yang saya buat.


4. ERD

Berikut adalah gambaran dari ERD online shop yang saya buat.



DAFTAR PUSTAKA

[1] Agus Eka Pratama, S.T.,M.T, I Putu. 2015. E-commerce, E-business dan Mobile Commerce. Bandung : Informatika
[2] Agus Eka Pratama, S.T.,M.T, I Putu. 2014. Smart City Beserta Cloud Computing dan Teknologi-Teknologi Pendukung Lainnya. Bandung : Informatika
[3] Agus Eka Pratama, S.T.,M.T, I Putu. 2014. Handbook Jaringan Komputer : Teori dan Praktik Berbasiskan Open Source. Bandung : Informatika 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar