Minggu, 18 Oktober 2015

Tugas 5 - Cara Install EyeOS



Nama                   : Lydia Emeralda Simatupang
NIM                    : 1404505062
Jurusan/Fakultas/Perguruan Tinggi   : Teknologi Informasi/Teknik/Udayana
Nama Dosen          :  I Putu Agus Eka Pratama ,ST., MT.
Mata Kuliah/Kode       : E-Application/TI027348

 Eye OS merupakan sistem operasi berbasis web yang mendukung Cloud Computing, tepatnya dalam jenis layanan SAAS (Software As A Service) dan IAAS (Infrastructure As A Service). Eye OS dapat diunduh secara bebas di internet. Sebelum menginstal Eye OS, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan, yaitu :
Terinstal sistem operasi Linux ditro bebas (Linux, Mint, Debian, dll.)
Terinstal PHP, MySQL, Javascript. Direkomendasikan menginstall XAMPP Linux untuk mendapatkan fitur yang lebih lengkap.
Memiliki web browser (Firefox, Chrome, dll.)

Berikut tahap instalasi EyeOS.
- Buka aplikasi terminal pada linux. Kemudian login sebagai root untuk mendapatkan akses dengan command berikut: sudo su (pada basis Ubuntu/Debian) dan masukkan password root.
- Pastikan file installer telah berada pada direktori home (home/user). Kemudian salin file installer ke direktori root web (umumnya /opt/lampp/htdocs/) dengan command berikut : cp /home/chatarina/eyeOS_1.9.0.3-1.zip /opt/lampp/htdocs/
- Setelah proses pengkopian file Eye OS selesai, pindahkan ke lokasi root web anda dengan command : cd /opt/lampp/htdocs/
- Cek file keberadaan Anda di root web dengan command : pwd /opt/lampp/htdocs
- Ekstrak file Eye OS tersebut dengan menggunakan command : unzip eyeOS_1.9.0.3-1.zip
- Setelah proses ekstraksi selesai, berikan permission 777 ke folder eyeOS dengan menggunakan command : chmod 777 /opt/lampp/htdocs/eyeOS
- Pindahlah ke folder eyeOS dengan command : cd eyeOS
- Aktifkan XAMPP Linux agar Eye OS dapat dijalankan melalui aplikasi web browser dengan command : /opt/lampp/lampp start
- Selanjutnya buka web browser dan ketikkan pada alamat browser localhost/eyeOS atau 127.0.0.1/eyeOS.

 - Mulailah dengan membuat user baru dengan menekan tombol "New User" kemudian "Create Account" sehingga muncul tampilan utama dari sistem operasi eyeOS berbasis web . Ketik nama user yang akan Anda gunakan kemudian ketik password anda dan pilih bahasa yang akan Anda gunakan.



Penggunaan eyeOS ini hampir sama dengan sistem operasi pada umumnya dimana terdapat aplikasi pendukung kegiatan kantor maupun pemutar media. Ada beberapa fitur tambahan dari eyeOS ini, salah satunya adalah fitur "Sharing".
Bukalah file manager, kemudian pilih salah satu file dan klik kanan pada file tersebut. Klik sharing dan centang publik. File akan disharing secara publik.


DAFTAR PUSTAKA
Agus Eka Pratama, S.T.,M.T, I Putu. 2014. Smart City Beserta Cloud Computing dan Teknologi-Teknologi Pendukung Lainnya. Bandung : Informatika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar