Selasa, 10 Maret 2015

Tugas 2 - Cara membuat program Inheritance pada Java

Nama/NIM             : Lydia Emeralda Simatupang/1404505062
Jurusan/Fakultas/Perguruan Tinggi   : Teknologi Informasi/Teknik/Udayana
Mata Kuliah           : Pemrograman Berorientasi Objek 
Nama Dosen          :  I Putu Agus Eka Pratama ,ST., MT.

INHERITANCE
Membuat program inheritance adalah program tentang sebuah objek dapat mempunyai objek turunan. Sifat Inheritance pada JAVA sendiri dimaksud dengan sebuah objek dapat mempunyai objek turunan. Dalam hal pemrogaman maka class dapat memiliki class turunan (pewaris). Class yang mempunyai class turunan disebut sebagai Parent Class atau Class Pemilik Warisan, sedangkan class yang menjadi turunan dari Parent Class atau Class Pemilik Warisan disebut sebagai Subclass atau Class Pewaris. Secara sederhana misal Mobil adalah parent class maka class pewaris bisa berupa mitsubishi, toyota, honda, dan lain sebagainya.
Suatu subclass dapat mewarisi sebagian atau keseluruhan sifat dari parent class-nya, dengan kata lain sebuah subclass merupakan perluasan dari parent class.
Pendeklarasian sifat inheritance ini menggunakan keyword extends setelah nama class diikuti denga nama parent class.Kata kunci extends memberikan informasi pada kompiler Java bahwa kita ingin melakukan perluasan class.

Langkah pertama kita membuka aplikasi IDE seperti Netbeans, Eclipse, atau Geany. Pilih salah satu. Saya akan memberi contoh dengan menggunakan Netbeans. Setelah aplikasi terbuka, pilih new project. 



Setelah itu pilih java dan tekan next. Ubah nama class. Saya mengganti nama class dengan Person. Tekan next



Setelah itu masukkan koding seperti dibawah ini pada lembar kerja.




Untuk  memperoleh  suatu  class,  kita  menggunakan  kata  kunci  extend.  Untuk mengilustrasikan  ini,  kita  akan  membuat  contoh  class  induk.  Dimisalkan  kita  mempunyai class induk yang dinamakan Person.

Perhatikan  bahwa  atribut  name  dan  address  dideklarasikan  sebagai  protected.  Alasannya kita melakukan ini yaitu, kita inginkan atribut-atribut ini untuk bisa diakses oleh subclasses dari  superclassess.  Jika  kita  mendeklarasikannya  sebagai  private,  subclasses  tidak  dapat menggunakannya. Catatan  bahwa  semua  properti  dari superclass  yang  dideklarasikan sebagai public, protected dan default dapat diakses oleh subclasses-nya.

Sekarang,  kita  ingin  membuat  class  lain  bernama  Student.  Karena  Student  juga  sebagai Person,  kita  putuskan  hanya  meng-extend  class  Person,  sehingga  kita  dapat  mewariskan semua  properti  dan  method  dari  setiap  class  Person  yang  ada.  Buat file baru, dengan cara klik icon new file atau ctrl+N, atau klik file->new file.


Setelah itu pastikan projectnya sama dengan project yang sebelumnya, klik next, ganti nama class dengan Student.




Setelah itu,  kita tuliskan coding di bawah ini pada student.java,



Ketika  object  Student  di-instantiate,  default  constructor  dari  superclass  secara  mutlak meminta  untuk  melakukan  inisialisasi  yang  seharusnya.  Setelah  itu, pernyataan  di  dalam subclass dieksekusi. Dalam  kode  ini,  kita  membuat  sebuah  object  dari  class  Student.  

Setelah itu jalankan program dengan klik ikon run atau tekan F6. Maka akan tampil hasil seperti dibawah ini.


Sekian, selamat mencoba.

Daftar Pustaka 

1. Maruvian Education. JENI - Bab 11 Pengenalan Pewarisan,Polimorfisme,Interface. Java Education Network Indonesia
2. Raska Lathif. 2015. Inheritance pada Program Java (Sifat Turunan). http://raska-lathif.blogspot.com/2014/09/inheritance-pada-program-java-sifat.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar