Selasa, 10 Maret 2015

Tugas 2 - Cara Install Ubuntu

Nama/NIM             : Lydia Emeralda Simatupang/1404505062
Jurusan/Fakultas/Perguruan Tinggi   : Teknologi Informasi/Teknik/Udayana
Mata Kuliah           : Pemrograman Berorientasi Objek 
Nama Dosen          :  I Putu Agus Eka Pratama ,ST., MT.


      Saya akan menjelaskan langkah-langkah/cara menginstall Ubuntu. Saya telah membaca beberapa referesi
 untuk menuliskan tentang cara install Ubuntu. Berikut langkah-langkahnya. 

       Sebelum melakukan instalasi, kita harus punya installer Ubuntu. Kita dapat mengunduhnya pada web resmi Ubuntu, ataupun pada blog-blog orang yang menyediakan installer Ubuntu. Download Ubuntu sesuai dengan komputer anda. Jika memiliki RAM 4gb atau diatasnya, download 64bit. Jika dibawahnya download 32bit. Setelah download installer Ubuntu, kita memerlukan dvd,usb atau usb harddisk untuk menaruh file installer Ubuntu.

1. Click Install


Langkah pertama klik install Ubuntu. Akan muncul pilihan seperti gambar di bawah ini.


Try Ubuntu adalah mencoba Linux Ubuntu 14.04 LTS tanpa harus Install, sedangkan Install Ubuntu adalah untuk memasang permanen Linux Ubuntu 14.04 LTS pada harddisk anda. Karena akan melakukan instalasi ubuntu secara permanen maka pilih Install Ubuntu dan Pilih Jenis Bahasa, pada langkah ini menggunakan Bahasa Inggris.

2. Check Both Boxes

Selanjutnya akan muncul tampilan seperti ini:


Menu diatas adalah proses persiapan Installasi pada ubuntu, proses ini akan memeriksa semua periperal yang ada pada komputer/laptop anda. Pada langkah ini anda juga bisa memilih Download Update While Installing, yaitu pilihan untuk mendownload paket terbaru yang ada pada Ubuntu sama halnya dengan Install this third party software pilihan ini akan mendownload paket-paket yang berhubungan dengan multimedia seperti mpeg, mp3 dan lain sebagainya, semua pilihan ini bisa anda jalankan kalau terkoneksi dengan jaringan internet. Jika yakin pada pilihan anda klik Continue untuk melanjutkan.

3. Choose How to Install

Pada menu Installation pertama, anda akan disajikan dengan berbagai menu pilihan diantaranya : Erase Disk anda Install Ubuntu yang berfungsi untuk menghapus seluruh data yang ada di Harddisk dan menggantikannya dengan partisi baru untuk Linux Ubuntu 14.04 LTS langkah ini akan mempersingkat waktu anda. Untuk Pilihan Something Else digunakan jika anda akan menginstall dual boot atau di Harddisk anda terdapat Data Penting dalam partisi Harddisk anda, maka gunakan pilihan yang ini, begitupun dengan Installasi kali ini akan menggunakan menu Something Else, klik Continue untuk melanjutkan.


4. Konfirmasi Pilihan Anda


Setelah klik continue, maka akan muncul tampilan selanjutnya seperti di bawah ini.


Jika harddisk anda terdeteksi baru, belum di partisi sebelumnya maka untuk membuat partisi tabel partisi baru klik New Partition Table. Setelah tabel partisi sudah dibuat langkah selanjutnya adalah membuat tipe-tipe partisi yang akan digunakan oleh Ubuntu. Linux Ubuntu hanya memerlukan 2 tipe partisi yang digunakan yaitu root:"/" dan swaparea. Untuk membuat tipe partisi langkah pertama yaitu klik Menu + pada menu sebelah kiri bawah. Tentukan ukuran yang digunakan sebagai sistemnya, misal 7GB dari 8GB kapasitas Total harddisk, gunakan Primary, dan letakan di Beginning of this space, pada Use as pilih Ext4 Journaling file system, pada Mount point pilih root "/". Kemudian klik OK. Langkah kedua, yaitu membuat tipe area swap dari sisa kapasitas harddisk yang digunakan. Swap berfungsi sebagai RAM cadangan ketika RAM utama overload, maka untuk mencegah overload tersebut maka digunakanlah areaswap ini. Untuk membuatnya klik Free Space, kemudian klik lagi tombol +. Jika semua sudah dibuat, perhatikan partisi yang akan diformat akan diberi tanda ceklist pada menu format ini, biarkan saja ceklist ini ada, untuk melanjutkan klik Install Now.

5. Pilih Lokasi

Sekarang pilih lokasi anda dengan memilih dan klik pada peta. Ini akan menentukan zona waktu anda.


6. Memilih Tampilan Keyboard

Pilih jenis keyboard yang anda gunakan, pada menu ini sering dilewati karena linux ubuntu akan otomatis mendeteksi jenis keyboard yang anda pakai, klik Continue untuk melanjutkan.


7. Set Username dan Password

Pada menu selanjutnya adalah set username dan password. Pada menu ini masukkan nama anda, nama untuk komputer anda, username, password. Jika sudah klik continue.


8. Tunggu Proses Instalasi

Tunggu proses instalasi hingga selesai. Setelah instalasi selesai, akan muncul dialog box – klik restart now. 



9. Login dan Selesai

Setelah itu akan muncul menu login, masukan password yang anda buat pada langkah ke 7.  Anda akan masuk ke menu utama Ubuntu. Ini adalah tampilannya.




Daftar Pustaka:

1. PersonalBlog. 2015. 17 Langkah Mudah Install Linux Ubuntu 14.04 LTS Trusty Tahr (Step by Step). http://blog.taryo.net/2014/04/langkah-mudah-install-linux-ubuntu-14-04-LTS-trusty-tahr.html

2. Howtoubuntu.org. 2015. How To install Ubuntu 14.10 Utopic Unicorn. http://howtoubuntu.org/how-to-install-ubuntu-14-10-utopic-unicorn#install

Tidak ada komentar:

Posting Komentar